Beranda > makanan > NASI TIWUL VS LONTHONG KUPANG

NASI TIWUL VS LONTHONG KUPANG

Sama-sama berasal dari Jawa Timur. Yang satu di kawasan Barat, sementara ‘rivalnya lebih berada di kawasan Timur. Nasi tiwul dan lontong kupang. Jika diadu, lidah yang bakal menjadi jurinya. Namun keduanya sepakat membuat kenyang perut.

kupang-150x150

Di Festival Makanan Lokal Jawa Timur yang digelar Badan Ketahanan Pangan Jatim ini, Sidoarjo mengusung Yu Pah sebagai ikonnya dengan menu lontong kupang. Sehari-hari, dari Senin sampai Jumat, Yu Pah menjual lontong kupangnya secara nomaden. Namun toh Yu Pah mudah dicegat di kantor Pertanian Jemursari Surabaya.

Satu porsi lontong kupang racikan Yu Pah jika disantap lengkap dengan sate kerang dibanderol murah Rp 3500. Jika tanpa sate kerang, lontong kupang Yu Pah cukup dibayar Rp 2500 saja. Lebih murah dari tarif angkutan kota ya… Ssstt… lontong kupang sate kerang Yu Pah juga bisa dipesan lho jika ada yang mau bikin pesta di rumah atau di kantoran. Soal harga, nego sendiri saja dengan Yu Pah!

Nah, kalau ingin yang lebih mantap singgah saja di Kabupten Trenggalek. Racikan nasi tiwul lodho urap bisa menjadi pilihan. Menu ini mudah ditemukan di Trenggalek, baik sebagai menu sarapan hingga makan malam.

Sesuai namanya, nasi tiwul ini disuguhkan dengan urap sayuran yang direbus, ayam panggang, selain ikan tongkol yang digoreng sebagai lauk alternatif. Harga jual per porsinya ternyata murah, Rp 2500-Rp 3500 saja!

“Selain disuguhkan sebagai menu utama, tiwul bisa diolah sebagai jajanan, misalnya putu ayu,” ujar Reni, dari Saptaboga Kecamatan Ndongko, Trenggalek, sembari menunjuk tiwul instan dalam kemasan plastik yang dijajar di meja di depannya.

Tertarik mencicipinya? Anda harus benar-benar mengosongkan perut terlebih dulu, karena nasi tiwul ini benar-benar mantap, meski tersaji dalam porsi supermungil, perut langsung terasa penuh ketika menyantapnya. Wah! tri

Sumber: surya.co.id

Iklan
Kategori:makanan Tag:,
  1. Februari 15, 2009 pukul 5:15 pm

    luwe q…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: