Beranda > tulisanku > Sulitnya menjadi orang JUJUR

Sulitnya menjadi orang JUJUR

pinokio-copy8

Jujur bisa diartikan “Berkata apa adanya atau   memberikan informasi sesuai kenyataan dan   kebenaranya”. Bukanya saya orang yang paling jujur   tapi  saya juga tidak mau kalau dikatakan pembohong   bahkan dengan menulis ini pun saya sudah merasa   berbohong.

Saya masih ingat nasehat seseorang”Dadi uwong kuwi   ojo senang ngapusi”. Itu saya pikir memang sangat   benar sekali siapa sih orang yang mau di bohongi atau   siapa sih orang yang ingin mejadi pembohong. Dan   biasanya orang yang sekali bohong sealanjutnya akan berbohong pula untuk menutupi kebohanganya tadi.

Kita semuapun tentunya tahu kalau jujur itu adalah perbuatan yang mulia, yang jadi pertanyaan dapatkah kita menerapkanya dalam keseharian kita, sedangkan dalam keseharian kitapun masih sering kita temui kebohongan-kebohongan yang seakan-akan sudah akrap dengan kesehariaan kita.

Kita ambil contoh saja orang tua yang sedang mengasuh anaknya kalau anaknya jatuh sepontan bilang “Jatuh ya, oh ngak apa-apa, nggak sakit kok” memang secara tidak langsung itu sudah ada kebohongan, pada saat kita bertamu dan ditanya “Sudah makan belum” biasanya sepontan menjawab “Sudah”.

Tapi haruskah kita berkaca dan mencontoh dari hal-hal yang bersifat bohong saya rasa orang yang merugi yang mau mencontoh semua itu. Saya sendiripun merasa sangat sulit untuk berprilaku jujur tetapi tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk berprilaku jujur, kita mulai jujur pada diri kita sendiri.

Alangkah indahnya hidup di dunia ini bila semau orang mau berprilaku jujur, pasti semuanya akan tentram dan damai.

Iklan
Kategori:tulisanku
  1. Januari 20, 2009 pukul 3:09 pm

    jujur memang suatu kemutlakan, kewajiban dan tanggung jawab. tapi ketika kejujuran dihadapkan pada kultur komunitas masyarakat tertentu, jawa misalnya, maka akan berbenturan dengan etika. sebaliknya, kejujuran akan menimbulkan masalah dan menghilangkan “martabat” seseorang. di sini, kultur memang lebih unggul dari kejujuran. sebatas itu tidak merugikan orang lain. pertamaxx untuk postingannya. salam kenal ya boss

  2. Januari 23, 2009 pukul 10:53 am

    hmmm..kalo kebiasaan jujur sih ga sulit ko jd org jujur

  3. luri
    April 26, 2009 pukul 1:55 am

    gk semuanya kejujuran akan berakibat baik, jujur yg berakibat buruk jg byk,.,

    betul jg

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: